Kajati Aceh Terima Kunjungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh

Kajati Aceh Terima Kunjungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh

Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Drs. Joko Purwanto, S.,H, Menerima Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Dr Munawar MA beserta rombongan dalam rangka Silaturahmi dan Audiensi di ruang Kajati Aceh, Selasa (20/2/2024).

Pada kesempatan itu, Dinas Pendidikan Dayah membicarakan program kegiatan yang selama ini telah dijalankan dan yang akan dilaksanakan ke depan dengan pihak Kejaksaan.

dalam kurun waktu beberapa tahun ini, ada beberapa kegiatan yang melibatkan Kejati Aceh seperti sosialisasi narkoba, pendampingan hukum dengan TP4D serta Program Jaksa Masuk Dayah (JMD) untuk penyuluhan hukum bagi santri.

Dalam program JMD tahun 2023 yang lalu pimpinan dayah sangat terbuka menerima penyuluhan hukum bagi santri. Karena dapat menambah pemahaman mengenai hukum positif yang berlaku.

Selain itu, dalam JMD juga disosialisasikan mengenai Surat Edaran Gubernur Nomor 451.44/20931 Tentang Himbauan Pembentukan Pengawasan Dayah terkait antisipasi isu-isu kekerasan di dayah.
Tindak lanjut daripada itu, Dinas Pendidikan Dayah sedang membentuk Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Dayah yang terdiri dari berbagai unsur, termasuk Kejati Aceh agar kasus kekerasan tidak terjadi lagi dilingkungan dayah.

Dalam pertemuan itu,Kepala Dinas Pendidikan Dayah mengapresiasi Kejaksaan Tinggi Aceh yang telah menginisiasikan program Jaksa Masuk Dayah. Ia berharap, program ini dapat memberikan penyuluhan hukum kepada santri dayah di Aceh.

“Pemerintah Aceh sangat menyambut baik dan berterima kasih atas dedikasi dan sosialisasi penyuluhan hukum di lingkungan dayah yang diinisiasikan oleh Kejaksaan Tinggi Aceh,” ujar Kepala Dinas, Dr Munawar.

progam kerjasama ini merupakan tersebut merupakan bentuk perhatian dari Kejati Aceh terhadap generasi muda, terutama santri. Agar mereka mampu memahami, mematuhi, dan mendukung pelaksanaan supremasi hukum.

Pemerintah Aceh optimis para santri dayah se-Aceh akan memiliki kepedulian terhadap penegakan hukum setelah sosialisasi ini dilaksanakan.

Bagikan tautan ini

Mendengarkan

Berita Nasional


Berita Lainnya